desain raised beds dan kolam ikan sederhana


 

Pertama-tama kalau antum pro dalam bidang ini, silakan diberikan masukan yang membangun, ane soalnya nub yang lagi mencoba belajar ilmu pertanian secara otodidak.
Sekitar 2-3 tahun lagi kayaknya ane bakal pindah rumah, insyaAllah, jadi sekarang ane mau bikin food garden yang kecil saja, untuk tujuan belajar, food garden sesungguhnya akan dibangun besok wkwk. Ada 2 lokasi yang mau ane pake, pertama ukuran 3mx2m, yang kedua adalah 10mx2m. Sementara ane mau olah yang kecil dulu, yang 3x2. Jadi ane mau desain raised beds dan kolam ikan sederhana.

Ada beberapa persyaratan yang ane buat sendiri:

  • Ane mau menanam dengan media tanah. Kenapa? Karena hukum asal menanam itu di tanah wkwk. Besok kalau sudah kenal sama tanah, baru mulai hidroponik, aeroponik dan sebagainya insyaAllah.
  • Layout vertikal terlihat sangat menarik. Di sisi lain, raised bed juga menarik. Jadi kita gabung saja mungkin. Metode ini punya banyak kelebihan, salah satunya adalah lebih sedikit tanaman pengganggu, bisa modif tanah sesuka kita, dsb.
  • Sebisa mungkin tidak keluar uang banyak untuk project ini, walaupun kata pepatah jer basuki mawa beya, alias kudu modal, mari pakai barang-barang bekas di gudang untuk jadi modalnya haha.
  • Harus ada simbiosis mutualisme -nya wkwk. Maksudnya satu warga taman harus bisa dimanfaatkan oleh warga lainnya, urip iku urup wkwk. Sementara baru kepikiran air bekas lele yang kaya nutrisi untuk menyiram tanaman. Besok dipikir lagi sambi jalan.
  • Harus cantik kalau dilihat wkwk. Biar semangat dong gan.

raised beds cantik


Kemudian, karena mau mengkombinasikan antara raised bed dan vertical bed (sebutannya itu kah?), maka rencananya adalah memulai dulu dari yang gampang, raised bed. Baru kemudian yang vertikal.

Spesifikasi ideal raised bed (berdasarkan yang ane baca-baca di internet):

  • Kedalaman sekitar 30 cm
  • Jarak antar beds sekitar 40 cm
  • Bagian bawah diberi kardus biar ga ada rumput yang tumbuh dari bawah.
  • Untuk dinding raised bed, ada yang pake kayu, ada yang pakai batu. Ane mau pakai bata merah saja, soalnya ada banyak bata merah tidak terpakai, bisa dimanfaatkan, keluar uang 0 hehe.
  • Ada banyak yang membahas tentang raised bed harus madep kemana, yang paling bagus adalah agar bisa dapet sinar matahari sebanyak mungkin.
 
tinggi tanaman dalam raised beds
tinggi tanaman dalam raised beds

Kelebihan raised beds
Kelebihan raised beds

desain awal raised beds sederhana

Jadi desainnya kurang lebih seperti ini.

Desain awal raised beds dengan SketchUp
Desain awal raised beds dengan SketchUp

Simpel memang, wkwk. Rasanya kok jadi sia-sia sudah buat itu. Ya gapapalah, orang cuma gampang. Kalau dilihat-lihat lagi, di sela-sela raised bed itu bisa dipasang terpal, terus dikasih lele di situ. Tapi ketinggianya cuma 30 cm, sedangkan idealnya lele butuh tinggi sekitar 1 meter.

desain akhir raised beds dan kolam ikan sederhana

Nah, akhirnya ane gali di tengah-tengah itu sedalam 70 cm, ditambah tinggi beds 30 cm, sudah dapat kolam 300cmx40cm dengan kedalaman 1 m.
Desain akhir raised beds dan kolam ikan dengan SketchUp
Desain akhir raised beds dan kolam ikan dengan SketchUp  
Desain raised beds dengan SketchUp
Desain raised beds dengan SketchUp

 

 Sepertinya sudah cukup untuk desain raised bed. Selanjutnya adalah membuat media tanam, cari tahu campuran tanahnya apa saja, atau mungkin buat komposter dulu kali ya? Hmm lihat nanti coba. Oke, sekian saja dulu gan.